Berita

Dorong Literasi Baca Hingga ke Desa, Launching Perpustakaan Terapung

Rendahnya minat baca masyarakat membuat wawasan generasi muda cenderung melemah. Berangkat dari hal tersebut, guna meningkatkan minat baca generasi muda, mahasiswa Universitas PGRI Palembang (UPGRIP) melaunching perpustakaan terapung di Desa Padang Bulan, Kecamatan Jejawi, Kabupaten OKI, Sumatera Selatan. Tim program ini terdiri dari 5 orang mahasiswa antara lain, Muhamad Jumantoro (Manajemen), Krisna (Manajemen), Asperani, (Manajemen), Denny Deslanda (PGSD) dan Bella Safira (Pendidikan Bahasa Inggris).

Kegiatan launching perpustakaan terapung ini berlangsung di Desa Padang Bulan, Kecamatan Jejawi, Kabupaten OKI yang disaksikan oleh Camat Jejawi kabupaten OKI Drs. Sulaiman Madun. Kemudian turut hadir Kaprodi Bisnis Digital UPGRIP Erdiansyah, S.E., M.Si, Kepala Desa Padang Bulan Syukiran, Ketua Karang Taruna Desa Padang Bulan Herman serta masyarakat Desa Padang Bulan.

Program Launching Perpustakaan Terapung tersebut merupakan Program Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) dari Kemendikbudristek yang dilakukan oleh Universitas PGRI Palembang. Muhammad Jumantoro, mahasiswa Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPGRIP sekaligus inisiator program mengatakan bahwa dirinya dan teman-teman ingin melakukan satu terobosan agar para generasi muda terutama di desa memiliki semangat dalam membaca.

“Program ini merupakan program yang dirancang untuk menjawab persoalan sangat minimnya minat baca masyarakat di desa. Kami seluruh mahasiswa terkhusus mahasiswa Universitas PGRI Palembang untuk sama-sama membangun desa,” tuturnya. Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UPGRIP sekaligus pembimbing PkM Edduar Hendri S.E., M.M mengatakan PkM ini bertujuan untuk meningkatkan mutu mahasiswa di Perguruan Tinggi. Program ini terdiri dari 8 bidang salah satunya adalah Pengabdian kepada Masyarakat mengambil judul Pelatihan dan Pembuatan Perpustakaan Terapung dengan media Spead Boat bagi Karang Taruna Desa Padang Bulan. “Program ini merupakan program skala nasional dan tidak mudah untuk mendapatkannya. Melalui program kami berharap dapat membantu mengurangi rendahnya minat literasi masyarakat terkhusus anak-anak,” harapnya.

Sementara itu Camat Kecamatan Jejawi Kabupaten OKI Drs. Sulaiman Madun sangat mengapresiasi kegiatan ini. Menurutnya, masyarakat di desa memang perlu banyak diberikan program-program positif tentang literasi saat ini, terutama literasi baca. “Alhamdulillah kami mengucapkan terimakasih kepada universitas PGRI Palembang terkhusus adik-adik Mahasiswa yang sudah membuat media inovasi literasi di pedesaan, program ini sesuai dengan kebutuhan masyarakat desa yang tingkat minat literasi nya sangat rendah, harapan nya program ini dapat berkembang ke desa-desa lain,” pungkasnya.

Anda mungkin juga suka...